Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Antisipasi Karhutla, Wibi Sang Pecinta Manggrove Lakukan Edukasi

Medan Badainews.com- Perlu dan penting adanya edukasi ke masyarakat luas, pelajar tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan hidup. Edukasi bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan mapala, komunitas pecinta ataupun komunitas peduli terhadap lingkungan dan alam.

Memberikan edukasi untuk tidak membakar sampah sembarang yang nantinya jika terjadi angin kencang akan membuat api merembet ke daerah hutan. Edukasi menurut saya adalah salah satu cara yang berperan penting dalam hal pencegahan karhutla.

Juga edukasi tersebut bisa dilakukan oleh babinkamtibmas di desa desa, Karena setau saya babinkamtibmas adalah garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Babinkamtibmas sebelum mengedukasi masyarakat Harus diberi pengetahuan tentang lingkungan hidup dan alam agar mereka punya pengetahuan yang baik. Edukasi bisa dilakukan langsung ke lokasi lokasi desa yang rawan terjadi karhutla.

Bisa ke sekolah sekolah dan bisa langsung ke Masyarakat dikumpulkan diajak diskusi tentang menjaga alam dan lingkungan hidup.Himbauan penanaman terhadap lahan yang telah terbakar : lahan yang sudah terbakar tentunya masih menyimpan panas di sekelilingnya dan masih menyimpan panas di dalam tanahnya.

Lebih baik tunggu lahan tersebut diguyur hujan beberapa kali kemudian sambil menunggu tanahnya dingin kita bisa melakukan inventarisir pohon apa yang baik ditanam di lokasi tersebut. Pasti ada tanaman pohon lokal di daerah karhutla yang telah tumbuh lebih dulu disana dengan manfaat menjaga alam dan lingkungan hidup.

Pohon tersebut harus dicari bibitnya ditanam kembali. Cari pohon lokal dan pohon buah-buahan lainnya yang memiliki kemampuan menyimpan air di tanah, memiliki kemampuan untuk meredam api jika terjadi kebakaran hutan, memiliki kemampuan untuk menjaga udara panas menjadi sejuk dan pohon yang memiliki kemampuan untuk menghadang angin kencang menjadi lebih landai.

Himbauan kepada Masyarakat untuk tidak membakar sampah di sembarang tempat, tidak membakar lahan sembarangan. Karena lahan jika terbakar akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap alam dan manusia.untuk itu penting adanya bersama sama kita menjadi hutan dan lingkungan hidup.

Terkait dengan membuka lahan dengan cara dibakar saya himbau agar tidak dilakukan oleh siapapun karena itu bukan tindakan yang baik. Asapnya menganggu pernapasan manusia dan memnggangu hewan yang berada di hutan tersebut. Mengganggu kelangsungan tumbuh beragam jenis tanaman dikawasan tersebut.mari bersama sama kita jaga hutan dan alam. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *