Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Dandim 0204/DS Dukung Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Badainews.com Lubuk Pakam – Dandim 0204/Deli Serdang, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, ikut mendukung segala upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak, khususnya di wilayah Kabupaten Deli Serdang sekitarnya.

Dukungan dari Dandim itu diwujudkan saat menghadiri acara Perayaan Hari Anak Nasional ke – 39 tingkat Kabupaten Deli Serdang TA 2023 yang digelar di Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman Buah Lubuk Pakam, Jln Karya Jasa Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (8/8/2023).

Dalam acara yang mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini, Dandim bersama segenap yang hadir ikut menandatangani komitmen bersama untuk melakukan pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak di wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementrian P3A RR, Prita Ismayani Sriwidyarti, SSos, MT, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, dan unsur Forkopimda lainnya.

Diketahui, tujuan digelarnya peringatan Hari Anak Nasional ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan perlindungan serta pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Sedangkan di tingkat Kabupaten Deli Serdang, tujuan peringatan ini adalah untuk memberikan semangat baru dalam membangun Kabupaten Deli Serdang yang layak anak melalui upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak di Kabupaten Deli Serdang menuju Indonesia Layak Anak tahun 2030 dan Indonesia Emas 2045.

“Kegiatan ini juga bertujuan sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak kekerasan dan diskriminasi terhadap anak-anak, memberikan apresiasi kepada seluruh anak Deli Serdang dan menghargai prestasi serta kreativitas mereka, mendorong terwujudnya pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak, memberikan ruang kepada anak-anak untuk menikmati hari anak dalam suasana bermain pada ruang bermain yang ramah anak serta menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan Kabupaten Deli Serdang,” urai Ketua Panitia Acara yang juga Kadis P3A P2KB Deli Serdang, Dr Drs Hj Miska Gewasari, MM, dalam laporannya.

Acara yang diikuti 1.700 anak se Kabupaten Deli Serdang ini juga dirangkai dengan penampilan kreativitas anak berupa violis anak, pertunjukan tari anak istimewa dan pertunjukan sanggar tari anak bermain.

Kemudian penayangan video alur penanganan anak berkebutuhan khusus berbasis masyarakat dan video anak inspiratif, serta pengukuhan forum anak Kabupaten Deli Serdang.

Ada juga acara pemberian penghargaan kepada desa ramah perempuan dan peduli anak, pemberian piagam penghargaan dan juga pemberian bantuan KIA, akte kelahiran dan BPJS PBI, peresmian wahana outbound Taman Buah dan peninjauan arena festival.

Khususnya untuk kegiatan festival anak, diadakan berbagai lomba dan permainan anak yang terdiri dari lomba mewarnai, melukis menarik, pesta kostum daur ulang, mendongeng, Pramuka, permainan tradisional dan outbound.

Seremonia Perayaan Hari Anak Nasional ke – 39 tingkat Kabupaten Deli Serdang yang dibuka Bupati, H Ashari Tambunan ini ditutup konventik party yang menandai dibukanya Festival Anak Deli Serdang, serta peninjauan Tempat Bermain Ramah Anak dan Peresmian Arena Outbond. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *