Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Bhabinkamtibmas Desa Tadukan Raga Galakkan Siskamling, Kombes Pol Irsan Sinuhaji : Peran dan Bantuan Masyarakat Dalam Menjaga Kamtibmas Sangat Penting

Badainews.com Deli Serdang – Bhabinkamtibmas Desa Tadukan Raga Kecamatan Kabupaten Deli Serdang Aipda Roni Putra Sembiring SH galakkan sitem keamanan lingkungan (Siskamling) di desa binaannya,

Disamping dirinya, Roni bergandengan tangan bersama Babinsa Serda A.S. Simbolon dan Kades Mhd. Dermawan serta warga masyarakat disana.

Tak tanggung – tanggung, untuk mensukseskan/melancarkan Siskamling tersebut, Bhabinkamtibmas anggota Polri personil Polsek Talun Kenas jajaran Polresta Deli Serdang Poldasu tersebut rela merogoh kocek pribadi yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah lebih guna pendirian sebuah Pos Siskamling.

“Dalam menggalakkan Siskamling serta mendirikan Pos ini, Kita bergandengan tangan dengan Pak Kades, Babinsa dan warga”, ujar Roni saat ditemui di lokasi Senin (12/6/2023).

Diungkapkannya, pendirian Pos Kamling tersebut bukanlah semata ibarat kata hanya sebagai tempat kumpul – kumpul atau pun ngerumpi melainkan lebih merupakan serangkaian langkah upaya menekan tidak kejahatan. Dimana, nantinya maka ada tempat berkumpulnya petugas ronda. Dengan adanya petugas ronda, diyakini para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali dalam menjalankan aksinya terutama pada malam hari.

Terpisah, kegiatan menggalakkan Siskamling tersebut mendapat apresiasi dari Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH.

Mantan Wakapolrestabes Medan tersebut berharap kiranya warga masyarakat selalu senantiasa bahu – membahu serta bekerjasama dalam menjaga Kamtibmas. Mengingat, tanggungjawab masalah keamanan bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan saja melainkan tugas dan tanggungjawab semua warga masyarakat.

Selain itu, mantan Kapolres Mandailing Natal (Madina) tersebut menyampaikan, dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas. Polisi tidak bisa melakukannya sendiri dan membutuhkan peran dan bantuan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Untuk itu, pola Siskamling yang sudah dilakukan oleh masyarakat di lingkunganya kiranya dapat lebih digiatkan.

Ditambahkannya, Pri hal menjaga Kamtibmas di wilkum Polresta Deli Serdang, pihaknya telah menggelar operasi rutin. Selain itu, para Bhabinkamtibmas jajaranya juga telah diperintahkan agar selalu senantiasa memberikan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta menjauhi hal – hal yang dapat memancing niat para pelaku untuk berbuat kejahatan. Misalnya saja diantaranya, dengan menjaga, mengamankan serta sifatnya terkesan tidak memaerkan barang berharga alias mewah.

Pesannya, jangan berikan kesempatan kepada para pelaku kejahatan untuk melakukan tindak pidana. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *