Berita TerbaruDaerahNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Gelombang 48… Kartu Prakerja Dibuka dan Dibuat Untuk 10.000 Orang

JAKARTA (www.badainews.com) – Pemerintah saat ini telah membuka program kartu prakerja gelombang 48, sekaligus menjadi yang pertama tahun ini pada Jumat (17/02/2023). Para peserta sudah dapat mendaftar di website resmi www.prakerja.go.id. Program kartu prakerja gelombang 48 ini dibuka untuk 10 ribu peserta.

Nantinya, masing-masing peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta, dengan rincian Rp 3,5 juta biaya pelatihan, Rp 600 ribu insentif transportasi dan internet, serta Rp 100 ribu insentif pengisian survei.

“Untuk itu seleksi program kartu prakerja gelombang ke-48 dapat dilakukan pendaftaran oleh peserta per hari ini Jumat, 17 Februari 2023 sekaligus memulai era baru bantuan kartu prakerja skema normal. Program kartu prakerja gelombang 48 dibuka dengan kuota 10 ribu peserta, hanya 10 ribu,” kata Airlangga dalam konferensi pers, dikutip Sabtu (18/02/2023).

Kendati demikian, Airlangga mengatakan, pada 2023 ini pemerintah menganggarkan dana program kartu prakerja untuk 595 ribu peserta. Untuk itu, ia memastikan akan ada pembukaan gelombang selanjutnya ke depan. “Nanti kuotanya akan dinaikkan sesuai dengan lembaga pelatihan yang bergabung di dalam ekosistem kartu prakerja,” lanjutnya.

Pembukaan kuota yang tergolong sedikit ini, jelas Airlangga, karena menyesuaikan dengan jumlah lembaga pelatihan yang masih terdaftar. Untuk itu, ia berpesan bagi para peserta yang merasa pilihan pelatihan yang diinginkannya belum ada, maka dapat mendaftar di gelombang selanjutnya.

“Untuk para pekerja ataupun para peserta yang ingin menunggu variasi pelatihan yang tersedia bisa bergabung di gelombang berikutnya, karena batas waktu pembelajaran dan saldo pelatihan bagi peserta sampai akhir tahun,” terangnya.

Airlangga menuturkan, masih sedikitnya pilihan pelatihan saat ini karena tiap lembaga pelatihan yang menawarkan diri untuk memberikan pelatihan kepada para peserta harus melalui kurasi yang tepat. Oleh karena itu, terang Airlangga, lembaga yang saat ini tersedia di program prakerja adalah yang benar-benar telah lulus seleksi.

“Untuk itu, agar para peserta memiliki banyak pilihan pelatihan ke depan dan kepada lembaga pelatihan yang belum mendaftarkan diri dalam program ini untuk menjadi bagian dari program kartu prakerja. Pendaftaran bagi lembaga pelatihan dapat dilakukan melalui platform pemerintah di Siap Kerja atau platform digital lainnya yang bekerja sama dengan program kartu prakerja,” ungkapnya. (int/cnbcindonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *