Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Lestarikan Budaya Papua, Satgas Yonif 125/SMB Belajar Membuat Noken

Badainews.com Mappi – Komunikasi sosial dengan masyarakat terus dibangun oleh Prajurit Satgas Yonif 125/SMB untuk mendukung pola pembinaan teritorial di daerah penugasan. Salah satunya belajar membuat Noken (tas rajut Khas Papua) bersama mama Berta di Kampung Tamanim, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua Selatan. Selasa (22/8/2023).

Danpos Senggo Satgas Yonif 125/SMB Letda Inf Okta Yudha, mengatakan pihaknya ingin melestarikan adat budaya masyarakat atau kearifan lokal yang ada di Papua, khususnya di Kabupaten Mappi ini, salah satunya yaitu Noken.

Danpos Senggo menambahkan, “Proses belajar membuat Noken cukup menarik, setelah kita mengatahui cara pembuatannya kita juga memotivasi mama Berta untuk mengembangkan produksi usaha pembuatan Nokennya sehingga dapat menambah perekonomian keluarga,” tambahnya.

Mama Berta, yang mengajarkan pembuatan Noken menyampaikan rasa senangnya dapat meluangkan waktu untuk mengajarkan Prajurit pos Senggo Satgas Yonif 125/SMB, belajar cara membuat Noken. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *