Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Pantang Menyerah, BPP – PKN Terus Melanjutkan Perjuangan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias

Badainews.com Nias Selatan – Jiwa Patriotisme Suku Nias sangat melekat dalam diri para Tokoh Masyarakat yang sedang berjuang untuk mewujudkan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias, para tokoh tidak mengenal lelah dan terus bergerak sampai cita-cita masyarakat Nias terwujud jadi Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepualauan Nias, demikian disampaikam oleh Ketua Umum BPP-PKN Mayjend TNI (P) , Drs. Christian Zebua, MM di Teluk Dalam 17/5/2023 bersama rombongannya.

Turut hadir dalam rombongan yang berencana menemui Bupati Nias Selatan sebagai Ketua Forkada Kepualauan Nias yakni AA. Gulo, SH mantan Bupati Nias Barat, F. Hulu Mantan Wakil Bupati Nias Utara, FG. Martin Zebua Mantan Setda Nias, B. Zebua Setda Nias Utara juga sebagai Bendum Bpp-PKN,  Sidiadil Harita Mantan Ketua DPRD Nias Selatan, Ama Sua Wau Tokoh Adat dan Tokoh Pendidikan di Nias Selatan dan beberapa tokoh Kepulauan Nias lainnya.

Christian Zebua menjelaskan kepada Wartawan yang hadir , bahwa maksud kedatangan tim ke Nias Selatan yakni melakukan konsolidasi agar perjuangan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias tetap diteruskan sampai Pemerintah Pusat mengabulkan.

Sesungguhnya Provinsi Kepulauan Nias sudah disahkan pada Tahun 2014 namun tertunda karena masa persidangam DPR-RI saat itu tertunda dan terburu Pemerintah Pusat menerbitkan Moratorium Pemekaran Otonomi Baru.

Sekalipun Moratorium tersebut masih belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, Kepulauan Nias masih berpeluang besar untuk disetujui sama dengan Pengesahan Provinsi baru di wilayah Papua. 

Sesuai dengan Kebijakan stratwegis Nasional Kepulauan Nias terletak pada posisi pulau-pulau terluar berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan berhadapan dengan Pulau Nikobar Negara India, Posisi geografis Kepulauan Nias sangat berpengaruh pada Hankam dalam rangka memperkuat Kedaualatan NKRI.

Selain itu juga selama Kepulauan Nias masih dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sulit untuk berkembang mengingat rentang kendali yang jauh baik dari aspek pengawqsan maupuan aspek pelaksanaan kegiatan. Dampaknya adalah Kepualauan Nias tetap menjadi daerah tertinggal di Sumatera Utara.

Karena itulah Kepualauan Nias ini layak menjadi Provinsi agar bisa membangun dirinya sendiri sehingga rentang kendali seperti selama ini menjadi lebih pendek dan langsung berinteraksi dengan Pemerintah Pusat.

Ini sangat menyakitkan hati dan masyarakat Nias terus tertinggal dari perkembangan pembangunan baik infrastruktur maupun pada Pembangunan sumber Daya Manusia. Karena itulah Sore ini kami dari TIM BPP-PKN menemui Buapti Nias Selatan dan Tokoh-tokoh pemangku Kepentingan di Nias Selatan untuk menyatukan presepsi dalam perjuangan ini. Kita pantang menyerah dan maju terus sampai Pemerintah mengabulkan perjuangan ini.

Saya mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Nias dimanapun berada, mari kita satukan langkah, maju terus membangun diri sendiri, hanya kitalah yang bisa membangun diri sendiri, kita tidak bisa berharap kepada orang lain, gelorakan terus perjuangan ini ONO NIHA BISA, tegas Mantan Pangdam Cendrawasih Mayjend TNI (P) Drs. Christian Zebua, MM sambil mengakhiri pembicaraan dengan Wartawan Laskarmedia.com (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *