Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Tiga Kapolri di Era Jokowi yang Berasal dari Kabareskrim, Dua di Antaranya Mantan Ajudan Presiden

Badainews.com Jakarta – Sampai saat ini terdapat enam Kapolri yang telah menjabat di era Presiden Jokowi. Dari enam nama tersebut, rupanya cukup banyak Kapolri di era Presiden Jokowi yang berasal dari Kabareskrim.

Berikut di bawah ini Kapolri di Era Presiden Jokowi yang Berasal dari Kabareskrim, antara lain:

1. Jenderal (Purn.) Pol Sutarman

Jenderal Pol Sutarman telah menjabat sebagai Kapolri sebelum Presiden Jokowi dilantik, yakni sejak 2013. Dia masih menjabat hingga 2015 dan digantikan oleh Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Sebelum menjabat sebagai Kapolri pada 2013, pria kelahiran 5 Oktober 1957 sempat menjabat sebagai Kabareskrim selama kurang lebih dua tahun dari 2011.

Jenderal Sutarman tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada tahun 2000, dia adalah Ajudan Presiden RI pemerintahan Abdurrahman Wahid. Dirinya juga sempat menduduki posisi Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat di tahun 2010.

2. Jenderal (Purn.) Pol Idham Azis

Jenderal Idham Azis menjabat sebagai Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian pada 1 November 2019. Sebelumnya, pria asal Kendari itu sempat menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri pada 22 Januari 2019.

Alumni AKABRI A yang lulus pada tahun 1988 tersebut juga tercatat sempat menduduki posisi Kapolda Metro Jaya di tahun 2017.

Tidak hanya itu, pria kelahiran 30 Januari 1963 juga sempat mengisi beberapa jabatan penting lain, seperti Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri di akhir tahun 2019, dan Kapolda Sulawesi Tengah di tahun 2014.

3. Jenderal Pol Listyo Sigit

Terakhir, ada nama Jenderal Listyo Sigit yang merupakan Kapolri aktif saat ini. Pria kelahiran 5 Mei 1969 tersebut mulai menjabat pada 27 Januari 2021 menggantikan Jenderal Idham Aziz.

Sama seperti Jenderal Idham Aziz, Listyo Sigit juga sebelumnya berasal dari Kabareskrim Polri. Dirinya mulai menjabat sebagai Kabareskrim pada 6 Desember 2019.

Tidak hanya menjadi Kapolri di era Presiden Jokowi, Perwira Tinggi asal Ambon ini juga sempat menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 lalu. Listyo juga sempat menduduki posisi Kapolda Banten di tahun 2016, dan Kadiv Propam Polri pada 2018. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *