Berita TerbaruDaerahNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Hasyim SE : Hadir 33 Orang, Yang Tanda Tangan 35 Orang. Untuk Daftar Yang Hadir, Koordinasi Ke Sekwan

MEDAN (www.badainews.com) – Polemik terkait pengesahan APBD TA 2023 senilai Rp 7,68 triliun, Selasa (22/11/2022), dimana anggota DPRD Kota Medan yang hadir hanya 8 orang, di bantah Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE.

Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE via WhatsApp (WA) mengatakan, apa yang diberitakan tersebut tidak benar. Hasyim menerangkan, berdasarkan kehadiran sesuai daftar absensi sejak dimulainya rapat paripurna tersebut. “Sebanyak 2/3 dari 49 anggota dewan yang hadir itu sebanyak 33 orang, sementara yang hadir sesuai daftar absensi yang di tandatangani ada 35 orang,” kata Hasyim via WA, Kamis (24/11/2022).

Lanjut, tegas Hasyim, berdasarkan absensi dari sekretariat dewan ada sebanyak 35 orang anggota DPRD Kota Medan yang hadir dimana rapat paripurna pengesahan APBD TA 2023 sah dan memenuhi kuorum.

“Berdasarkan kehadiran sesuai daftar absensi sejak dimulai rapat paripurna tersebut dan pendapat akhir fraksi yang dibacakan masing-masing fraksi semua juga setuju,” beber Hasyim.

Disinggung mengenai daftar anggota DPRD Kota Medan yang hadir pada saat pengesahan APBD Kota Medan TA 2023 dengan besaran Rp 7,68 trilliun, Hasyim menuturkan, agar berkoordinasi dengan Sekretaris Dewan (Sekwan). “Koordinasi dengan Sekwan ya. Data absensi ada di sekretariat,” ujar Hasyim.

Ditanyai fraksi-fraksi apa saja yang hadir, Hasyim menegaskan, delapan fraksi ada hadir memberi pendapat. “Pendapat akhir fraksi dan semua fraksi menyetujui,” tegasnya.

Saat kembali disinggung apa isi salah satu pendapat, Hasyim mengatakan, menyetujui pengesahan APBD TA 2023. “Semua fraksi yang ada di DPRD Kota Medan yang ada di DPRD Kota Medan menyetujui pengesahan APBD TA 2023,” tambah Hasyim.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna DPRD Kota Medan agenda pengesahan APBD TA 2023 di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (22/11/2022), sedikit mengundang keanehan. Pasalnya, dalam rapat tersebut sangat minim anggota DPRD Kota Medan yang hadir. Tak hanya itu, saat Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, mengetok palu pengesahan APBD Pemko Medan TA 2023 Sebesar Rp 7,86 triliun lebih, hanya disaksikan 8 orang anggota DPRD Kota Medan ditambah 3 orang pimpinan dewan.

Situasi tersebut mengundang pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan yang muncul apakah karena terjadi ketidakharmonisan DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan, dimana dalam rapat paripurna tersebut dihadiri langsung Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution. Amatan wartawan, rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE didampingi, Rajudin Sagala, T Bahrumsyah dan sejumlah anggota dewan.

Turut hadir juga pada saat rapat paripurna tersebut, Sekwan DPRD Kota Medan, M Ali Sipahutar ; Plt Kabag Persidangan, Andreas Willy Simanjuntak ; Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution ; Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman ; Sekda Kota Medan, Wiria Alrahman, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Medan dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Medan. (red/Jhonson Siahaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *