Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Konfrensi Pers Pimpinan DPR RI Terkait Surpres Calon Panglima TNI

Jakarta Badainews.com- Pada Hari Senin Tanggal 27 Nopember 2022 pukul 16.30 Wib bertempat di Lobby Gd. Nusantara III Lt. Dasar telah berlangsung Konfrensi Pers Pimpinan Dpr Ri Ibu. Puan Maharani didampingi oleh Bapak. Lodweijk Paulus (Wakil Ketua Dpr Fraksi Golkar) dan Bapak. Rahmat Gobel (Wakil Ketua Dpr Fraksi Nasdem) dengan Bapak. Pratikno (Menteri Sekertaris Negara) terkait Surat Presiden (Surpres) Calon Panglima TNI.

*PUAN MAHARANI (KETUA DPR RI)*

Terkait dengan mekanisme yang ada di DPR untuk itu kami akan menugaskan komisi terkait atau komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru, yang mana nantinya jenderal panglima TNI Jenderal Andika perkasa akan memasuki masa pensiun pada tanggal 21 Desember dan memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Januari 2023, artinya DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk kemudian melaksanakan semua mekanisme sesuai dengan mekanismenya yang ada di DPR untuk melaksanakan pengangkatan dan pergantian Panglima TNI yang akan datang sesuai dengan undang-undang yang ada dan sesuai dengan mekanisme yang ada tanpa Adapun prosedur atau persyaratan mekanisme yang nantinya akan tidak melewati jadi semuanya Alhamdulillah insya Allah akan dilewati.

Semua mekanisme dan perundangan atau undang-undang yang ada yaitu pasal 13 ayat 6 undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI menyatakan bahwa persetujuan DPR terhadap calon Panglima TNI yang dipilih oleh Presiden Memang betul disampaikan paling lambat 20 hari tidak termasuk masa kami DPR akan memasuki masa reses atau sidang penutupan pada tanggal 15 Desember 2022 yang akan datang Jadi waktunya untuk bisa memenuhi semua mekanisme dan memenuhi semua prosedur dan sesuai dengan undang-undang yang ada masih cukup untuk dibahas sebagaimana seharusnya Dan karena DPR menerima surprise itu hari ini maka waktunya pun masih cukup panjang masih cukup lama untuk DPR bisa melaksanakan mekanisme yang ada dengan sebaik-baiknya.

Pada hari ini surprise Sekali lagi saya sampaikan baru saya terima hari ini DPR baru menerima hari ini tidak ada pengambilan surat kembali atau pergantian atau wacana nama yang sudah ada Minggu lalu diganti minggu ini karena memang suratnya belum ada, karena seperti ada spekulasi yang menyatakan bahwa surat sudah dikirim tapi di ambil kembali dengan spekulasi bahwa jangan-jangan ada pergantian nama yang diusulkan oleh presiden tidak ada sama sekali surat baru diterima hari ini dan secara langsung saya sebagai ketua DPR didampingi pimpinan DPR yang lain menerima langsung dan Bapak menteri sekertaris negara dan Pada kesempatan ini saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan jenderal Andika Perkasa adalah *Laksamanan TNI Yudho Margono, SE, MM (kepala staf angkatan laut atau Kasal)* yang sekarang menjabat sebagai Kasal pada saat ini dan dengan sudah resminya surat dari Presiden kami terima oleh ketua DPR dan pimpinan DPR Artinya bahwa Bapak Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM (Kepala Staf Angkatan Laut) bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian nanti melaksanakan mekanisme fit and proper yang ada di DPR.

*PRATIKNO (MENSESNEG)*

Saya atas nama pemerintah dan atas nama bapak presiden menyampaikan terima kasih komitmen ibu ketua dan bapak-bapak wakil ketua untuk memproses surat Presiden ini dalam waktu yang secepat-cepatnya dan cukup melegakkan bagi kami bahwa waktunya masih cukup tadi di sampaikan oleh ibu Ketua DPR dan kami sangat-sangat mengharapkan bahwa surat dari ketua DPR bisa diterima oleh bapak presiden dalam waktu secepatnya tentu saja sebelum masa reses sidang DPR masa sidang DPR ini berhenti dan memasuki masa reses. Kami harapkan sebelum itu sudah bisa diterima oleh Bapak Presiden, Sekali lagi kami atas nama pemerintah menyampaikan Terima kasih. (WAL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *