Berita TerbaruDaerahHukrimPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Operasi “Mantap Huta Toba 2022”, Kapolres Sergai Pimpin Langsung Apel Pasukan

SEI RAMPAH, SERDANG BEDAGAI – Pemandangan berbeda terlihat di halaman Mapolres Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (30/03/2022). Pasalnya, personil Polres Sergai melaksanakan apel pasukan Operasi “Mantap Huta Toba 2022”.

Informasinya, apel tersebut digelar dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 di wilayah hukum Polres Sergai yang digelar di halaman Mapolres Sergai di Kecamatan Sei Rampah. Apel pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022 dipimpin langsung Kapolres Sergai, AKBP Dr Ali Machfud SH SIK.

Turut hadir dalam Apel Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022 tersebut Wakil Bupati Sergai, H Adlin Umar Yusri Tambunan ; Kajari Sergai, M Amin SH MH ; Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara ; Wakapolres Sergai, Kompol Sofyan SH ; Kasubdit Dalmas Dit Samapta Polda Sumut dan Danki Sat Brimob Polda Sumut.

Tak hanya itu, turut hadir Ketua MUI, Sergai H Hasful Huznain ; Ketua FKUB Sergai, Irfan El Fuadi Lubis ; Wakil Ketua DPRD Sergai, Siswanto, Ketua PN Sergai, Ketua PA Sergai, para OPD, para PJU Polda Sumut, pada PJU Polres Sergai dan para peserta apel pasukan.

Kapolres Sergai, AKBP Dr Ali Machfud SH SIK dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan pelaksanaan Operasi Mantap Huta Toba 2022 ini dilakukan dalam rangka pemilihan kepala desa, dimana dalam pelaksanaan Pilkades saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Diharapkan kepada seluruh personil dan Satgas agar berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan penerapan Prokes, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan lonjakan penyebaran Covid-19 dengan munculnya kluster baru,” kata Ali Machfud.

Lanjut, tambah Ali Machfud, dalam menerapkan Prokes agar masing-masing pihak dapat mensosialisasikan kepada seluruh warga masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya di TPS untuk menghindari kerumunan.

“Apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya. Sehingga, kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang diharapkan,” ujar Ali Machfud.

Dalam pengamanan Pilkades, tambah Ali Machfud, personel dikerahkan di 319 TPS di 20 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan di wilayah hukum Polres Sergai dengan mengedepankan kegiatan preemetif, preventif dan penegakan hukum yang didukung dengan kegiatan deteksi dini, lidik, guna terselenggaranya Pilkades tahun 2022 yang aman dan berkualitas.

“Personil yang diturunkan yakni 1003 personil yang terdiri dari organik Polres Sergai sebanyak 304 orang, personil Dir Intelkam Polda Sumut sebanyak 20 orang, personil Sat Brimob Polda Sumut sebanyak 100 orang, personil Dir Samapta Polda Sumut sebanyak 130 orang dan personel TNI sebanyak 60 orang dengan sasaran lokasi tempat pemungutan suara dan 230 orang personil dari Bintara Remaja,” ucap Ali Machfud.

Terkait penggunaan senjata api, terang Ali Machfud, dalam pelaksanan pengamanan Pilkades Serentak ini, seluruh senjata api di kandangkan dan dititipkan di logistik Polres Sergai dan diperintahkan agar seluruh personel segera melaksanakan kesiapan pengamanan dan berangkat menuju lokasi desa dan TPS masing masing.

Ali Machfud dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yakni niatkan bahwa setiap pelaksanaan tugas adalah sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa menjaga kesehatan.

“Pedomani tata cara tentang pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, laksanakan tugas secara profesional dan humanis serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri dan tingkatkan kewaspadaan dalam setiap pelaksanan tugas dengan menerapkan sistem pengamanan yang profesional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya. (Jhon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *