Berita TerbaruDaerahPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Simulasi Sispamkota Kapolda Sumut : Persiapan Optimal Hadapi Pilkada Serentak 2024

Badainews.com Medan 15 Agustus 2024 – Dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada serentak 2024, Polda Sumatera Utara menggelar simulasi sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Parkir Polda Sumut, Kamis (15/08/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), unsur TNI serta pejabat utama Polda Sumut.

Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Whisnu Hermawan Februanto, S.IK., M.H., menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan mulai dari unjuk rasa damai hingga situasi anarkis. “Simulasi ini melibatkan personel gabungan Polda Sumut yang bertugas sebagai Dalmas awal, Dalmas lanjut, Negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob. Kami melatih mereka untuk siap menghadapi potensi gangguan selama tahapan pilkada 2024,” terang Irjen Whisnu.

Menurut Irjen Whisnu, skenario simulasi ini mencakup berbagai tahapan pilkada, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

“Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada, dan titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan,” ujarnya.

Kapolda Sumut berharap dengan pelatihan rutin ini, personel Polda Sumut akan semakin tanggap dan memahami tugas masing-masing. “Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota siap dan sigap menangani setiap situasi yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024,” tambah Irjen Whisnu.

Simulasi ini diharapkan menjadi langkah krusial dalam memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Sumatera Utara. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *